Bisnis

Penyaluran subsidi gaji sentuh 3,2 juta pekerja

Penyaluran tahap III dilakukan melalui skema pembukaan rekening kolektif.

Selasa, 07 September 2021 20:49

Realisasi sementara penyaluran program Bantuan Subsidi Gaji atau Upah (BSU) 2021 telah mencapai 3.251.563 orang pekerja atau buruh. Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan jumlah itu merupakan 37,4% dari total target penerima BSU sebanyak 8,7 juta orang. Penyaluran BSU 2021 sendiri hingga saat ini sudah melewati tahap ketiga. 

Jika dirinci, tahap I telah tersalurkan kepada 947.436 penerima, tahap II tersalurkan kepada 1.145.598 penerima, dan tahap III tersalurkan kepada 1.158.529 penerima. 

Penyaluran BSU 2021 tahap I dan tahap II ditransfer langsung kepada pekerja atau buruh penerima BSU yang memang telah memiliki rekening eksisting di salah satu bank Himbara (Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI atau Bank BTN). Sedangkan penyaluran tahap III dilakukan melalui skema pembukaan rekening kolektif (Burekol) bagi para pekerja atau buruh penerima BSU yang belum memiliki rekening di salah satu Bank Himbara. 

“Alhamdulillah, penyaluran BSU di tahap ketiga melalui skema burekol sudah berjalan," katanya dalam keterangannya, Selasa (7/9). 

Ida juga sempat meninjau pelaksanaan burekol ini di Semarang, di mana pihak bank Himbara jemput bola ke perusahaan-perusahaan yang terdapat pekerja atau buruh penerima BSU belum memiliki rekening bank Himbara. 

Nanda Aria Putra Reporter
Satriani Ari Wulan Editor

Tag Terkait

Berita Terkait