Perekonomian akan pulih seiring penurunan kasus Covid-19

Pembukaan kembali perekonomian akan secara bertahap dan terus menerus.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi. Foto Humas Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI

Situasi pandemi Covid-19 di Indonesia telah membaik secara signifikan. Meski demikian, pemerintah tetap waspada dan berhati-hati. Pembukaan kembali perekonomian akan secara bertahap dan terus menerus.

"Perekonomian pulih dengan cepat seiring dengan penurunan kasus Covid-19. Untuk menjaga proses pemulihan ekonomi, kita harus mengelola kasus Covid-19 pada tingkat yang dapat ditangani sistem kesehatan kita," kata Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Jodi Mahardi, Minggu (19/9).

Penanganan kasus Covid-19 sangat positif sejauh ini. Per hari ini, kasus aktif sebanyak 60.969. Ada penambahan 3.385 kasus baru, namun pasien sembuh jauh lebih banyak, yakni 7.076.

Jodi menegaskan, kunci transisi dari pandemi ke endemik adalah tingkat vaksinasi yang tinggi, disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M terutama memakai masker, meningkatkan tracing, testing, dan treatment, isolasi terpusat bagi pasien, dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. 

"Pemerintah Indonesia akan terus memperkuat semua aspek tersebut, terutama percepatan vaksinasi," ujarnya.