Perkuat inklusi keuangan, Holding UMi hadir lebih dekat pada masyarakat

Terdapat 45 juta potensi nasabah ultra mikro dapat diberdayakan.

Ilustrasi aktivitas di ATM PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Foto dokumentasi BRI.

Kehadiran Co-Location Holding Ultra Mikro (UMi) dinilai telah memperkuat literasi dan inklusi layanan jasa keuangan formal di tengah-tengah masyarakat. Inilah yang dirasakan oleh Penaksir Pegadadaian di Gerai Senyum UPC BRI Seribu Dolok, Simalungun, Sumatera Utara Irda Chairani. 

Menurut Irda, inklusi layanan jasa keuangan tersebut tak terlepas dari kemudahan, kecepatan, dan kelengkapan akses layanan dari entitas lembaga keuangan holding yang terdiri dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM)

Irda bercerita, dirinya telah bekerja 12 tahun menjadi pegawai di Pegadaian yang kini masuk menjadi salah satu anak usaha dari BRI Group. Awalnya, Irda bertugas di Pegadaian UPC Selayang, Cabang Pancor Batu, Medan, sebagai Pengelola Unit. Satu bulan sejak Holding UMi resmi beroperasi pada September 2021, Co-Location hadir di daerah tersebut dan Irda menjadi Penaksir Pegadaian di Gerai Senyum UPC BRI Seribu Dolok.

Irda mengakui, dengan adanya sinergi ketiga entitas dalam Gerai Senyum, dapat lebih mudah mengedukasi layanan jasa keuangan yang lengkap dan paling sesuai dengan kebutuhan nasabah.

“Masyarakat bisa datang ke satu kantor tapi bisa menikmati lebih banyak produk. Jadi, kalau butuh layanan lain bisa selesai di satu tempat dalam waktu lebih cepat. Akses juga menjadi lebih lengkap dan lebih sesuai dengan kebutuhan nasabah terkait,” tutur Irda dari keterangan resmi, dikutip Selasa (20/9).