Perlancar mobilitas komuter, Tol JORR 2 ditarget operasi akhir 2019

Jalan Tol JORR 2 yang melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke Cilincing sepanjang 111 kilometer (km) ini terdiri atas enam ruas.

Jalan Tol JORR 2 melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke Cilincing sepanjang 111 kilometer (km) dan terdiri atas enam ruas. / Antara Foto

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road 2 (JORR 2) akan selesai pada akhir 2019. Tol JORR 2 ini akan meningkatkan memperlancar mobilitas komuter yang tinggal di daerah penyangga seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi menuju Jakarta.

“Di samping mendorong kelancaran lalu lintas, juga mendukung distribusi logistik lebih efisien,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Kementerian PUPR Danang Parikesit dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa (5/3).

Jalan Tol JORR 2 yang melingkar dari Bandara Soekarno-Hatta Cengkareng ke Cilincing sepanjang 111 kilometer (km) ini terdiri atas enam ruas. Keenam ruas itu yakni Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran (14,2 km), Kunciran-Serpong (11,1 km), Serpong-Cinere (10,1 km), Cinere-Jagorawi (14,7 km), Cimanggis-Cibitung (26,5 km), dan Cibitung-Cilincing (34 km).

Dari enam ruas tersebut, dua ruas yakni Kunciran-Serpong dan Serpong-Cinere dapat selesai pada Juni 2019. “Harapannya jalan tol ini bisa segera selesai karena sudah ditunggu masyarakat,” kata Danang.

Danang menyampaikan progres enam ruas tol JORR 2 tersebut yakni ruas tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran sepanjang 14,2 km ditargetkan selesai konstruksinya pada November 2019. Tol ini dikelola oleh PT Jasamarga Kunciran Cengkareng yang terbagi 4 seksi.