Gubernur BI nilai Indonesia harus lakukan empat hal ini agar industri halal kompetitif

Empat hal tersebut yaitu sertifikasi halal, eksosistem halal, produk halal, dan kolaborasi.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam konferensi pers usai Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI, Selasa (25/05/2021). Foto tangkapan layar.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menilai, Indonesia harus mengerjakan empat hal penting untuk mengembangkan industri halal. Empat hal tersebut yaitu sertifikasi halal, eksosistem halal, produk halal, dan kolaborasi.

"Kita harus mempercepat sertifikasi halal. Kenapa? Karena negara lain baik yang muslim maupun nonmuslim sangat maju mengembangkan sertifikasi produk halal," kata Perry berbicara dalam pembukaan ISEF ke-8, Senin (21/6).

Menurut Perry, sertifikasi halal merupakan kondisi yang dibutuhkan untuk membangun mata rantai halal di Indonesia maupun global. 

Indonesia juga harus membangun ekosistem mata rantai halal dan ekonomi halal. Indonesia harus membuat integrasi antara unit usaha, agar mendukung pertumbuhan ekonomi dan mensejahterakan rakyat.

"Apa yang dimaksud unit usaha itu? Di dalam unit usaha ada kelompok kecil, menengah dan besar. Itu harus kita buat ekosistem," tuturnya.