Pilihan investasi bagi perempuan

Ada banyak cara untuk mengelola keuangan. Salah satunya dengan berinvestasi di reksa dana.

Ada banyak cara untuk mengelola keuangan. Salah satunya dengan berinvestasi di reksa dana/ Pixabay

Menjadi perempuan bukan perkara mudah. Setelah menikah, perempuan harus mampu mengelola keuangan keluarga.

Ada banyak cara untuk mengelola keuangan. Salah satunya dengan berinvestasi di reksa dana.

Head Investment Avrist Asset Management Farash Farich mengatakan reksa dana merupakan suatu bentuk investasi berupa kumpulan dana investor yang dikelola oleh manajer investasi. Ditempatkan dalam aset-aset keuangan seperti saham, obligasi, dan deposito. Investasi reksa dana mirip dengan menabung, tetapi bisa memberikan keuntungan yang lebih besar karena ada potensi pertumbuhan modal di masa depan.

Farash memaparkan beberapa jenis reksa dana yang bisa menjadi alternatif investasi bagi investor. Antara lain, reksa dana pasar uang yang cocok untuk kebutuhan likuiditas jangka pendek. Lalu, reksa dana pendapatan tetap untuk kebutuhan jangka menengah. Serta, reksa dana campuran dan reksa dana saham untuk mereka yang memiliki rencana jangka panjang. 

"Investasi untuk perempuan itu balik lagi kepada kebutuhan. Misal, peran perempuan sebagai ibu rumah tangga yang dananya diputar untuk kebutuhan bulanan, cocoknya ya di reksa dana pasar uang dibandingkan dengan tabungan atau deposito perbankan," ujar Farash saat ditemui di Jakarta, Rabu (6/3).