PLN gaet IBC, Selis, GESITS, dan Volta percepat penetrasi kendaraan listrik di masyarakat

PLN juga telah membangun Electric Vehicle Digital Services (EVDS).

Ilustrasi. Foto Pixabay

PT PLN (Persero) berkolaborasi dengan tiga manufaktur motor listrik yaitu Volta, Selis, dan GESITS, serta Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk mempercepat penetrasi kendaraan listrik ke masyarakat. Melalui kerja sama ini masyarakat yang ingin membeli motor listrik bisa langsung melakukan pembelian lewat fitur marketplace yang tersedia di PLN Mobile.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo menjelaskan kerja sama ini dilakukan PLN dan produsen kendaraan listrik untuk mendukung kebijakan pemerintah yang akan memberikan bantuan pembelian motor listrik bagi masyarakat. Melalui kerja sama ini nantinya pembelian dengan bantuan pemerintah langsung terkoneksi dalam PLN Mobile.

"Kebijakan pemerintah ini tentu akan semakin mengakselerasi tumbuhnya ekosistem kendaraan listrik. Jumlah sepeda motor listrik akan semakin betambah. Untuk itu, hari ini kami berkumpul dengan para mitra, ingin menyampaikan bahwa kami siap mendukung dan mengimplementasikan keputusan pemerintah memberikan bantuan bagi pembelian kendaraan listrik," kata Darmawan dalam keterangannya, Sabtu (11/3).

Sejak dikeluarkannya Peraturan Presiden (PP) Nomor 55 tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai, PLN melakukan transformasi dan inovasi untuk memudahkan pengguna kendaraan listrik.

PLN berkolaborasi membangun Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) untuk memudahkan pengguna motor listrik dan secara mandiri membangun Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU).