PSN ungkap kesiapan infrastruktur jelang peluncuran satelit SATRIA

Jaringan komunikasi dan pendukung lainnya juga siap mendukung peluncuran satelit SATRIA.

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), perusahaan satelit swasta pertama di Indonesia, memastikan infrastruktur ruas bumi (ground segment) siap beroperasi menjelang peluncuran Satelit Nusantara Tiga. Foto PSN

PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) memastikan, infrastruktur ruas bumi (ground segment) siap beroperasi menjelang peluncuran Satelit Nusantara Tiga atau yang juga disebut Satelit Republik Indonesia (SATRIA) dari Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat pada Minggu 18 Juni, waktu setempat. Satelit dengan total kapasitas transmisi 150 Gbps ini akan diluncurkan dengan roket Falcon 9 milik Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX).

Direktur Utama PSN Adi Rahman Adiwoso menjelaskan, infrastruktur ground segment seperti pusat kontrol utama (primary satellite center) dan pusat jaringan (network operation center) yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat, serta stasiun kontrol cadangan yang berada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, sudah dalam kondisi 100%. Jaringan komunikasi dan pendukung lainnya juga siap mendukung peluncuran satelit SATRIA sehingga tidak ada elemen yang berpotensi menyebabkan penundaan.

"Peluncuran Satelit SATRIA akan menjadi pencapaian yang luar biasa bagi Indonesia karena ini merupakan satelit multifungsi terbesar di Asia dan nomor lima di dunia. Kesiapan infrastruktur ground segment merupakan elemen penting dalam mendukung kesuksesan peluncuran SATRIA," kata Adi dalam keterangan resminya, Selasa (13/6).

Dalam proyek Satelit SATRIA, PSN menyiapkan 11 stasiun bumi (gateway). Selain di Cikarang dan Banjarmasin, stasiun bumi lainnya berada di Batam, Pontianak, Tarakan, Manado, Kupang, Ambon, Manokwari, Timika, dan Jayapura. PSN menjalin kerja sama dengan The North West China Research Institute of Electronic Equipment (NWIEE) untuk membangun antena yang digunakan pada 11 stasiun bumi tersebut.

Untuk jaringan komunikasi dan pendukung lainnya, PSN berkolaborasi dengan Kratos Defense dan Hughes Network Systems (HNS). Kratos Defense menyiapkan perangkat carriers spectrum monitoring (CSM) satelit SATRIA serta monitoring & control (M&C) untuk memonitor serta mengontrol perangat radio frequency di 11 stasiun bumi. Adapun Hughes Network menyediakan IP Processing Hub untuk satelit SATRIA.