Ramai-ramai perbankan cari tambahan modal lewat right issue

Perbankan getol mencari tambahan modal melalui right issue.

Foto dokumentasi.

Perbankan getol mencari tambahan modal melalui right issue. Salah satunya, UOB Indonesia yang mengumumkan mengantongi Rp1,5 triliun dari aksi korporasi itu. Duit itu akan digunakan untuk investasi, mendanai bisnis perbankan konsumer dan wholesale, serta program baru.

Right issue disebut akan menciptakan nilai yang lebih besar bagi nasabah dan meningkatkan kekuatan neraca. Penambahan modal ini seiring dengan selesainya akuisisi dan integrasi penuh aset dan liabilitas bisnis perbankan konsumer Citibank Indonesia ke dalam UOB Indonesia pada bulan lalu.

Sebelumnya integrasi di Malaysia dan Thailand juga telah selesai pada bulan November 2022 dan Vietnam pada bulan Maret 2023. Hal ini menandai rampungnya seluruh akuisisi UOB terhadap bisnis perbankan konsumer Citigroup di keempat negara Asean tersebut.

"Kesepakatan transformasional ini telah selesai sepenuhnya. Akuisisi ini menunjukkan hasil yang menjanjikan dan memperkuat posisi kami di kawasan," tutur Deputy Chairman and Chief Executive Officer UOB Wee Ee Cheong.

Dia menyebut Indonesia merupakan pasar dengan salah satu potensi pertumbuhan terbesar di Asean. Cheong yakin dapat menghadirkan rangkaian produk yang lebih beragam dan pengalaman nasabah di Indonesia.