Reksa dana bisa jadi pilihan investasi

Investasi reksa dana mirip dengan menabung tetapi bisa memberikan keuntungan yang lebih besar karena ada potensi pertumbuhan modal

ilustrasi pixabay.com

Reksa dana bisa menjadi pilihan investasi yang patut dipertimbangkan jika memahami risiko dan keunggulannya dibanding instrumen investasi lain.

Reksa dana merupakan suatu bentuk investasi berupa kumpulan dana investor yang dikelola oleh manajer investasi. Ditempatkan dalam aset-aset keuangan seperti saham, obligasi dan deposito. Investasi reksa dana mirip dengan menabung tetapi bisa memberikan keuntungan yang lebih besar karena ada potensi pertumbuhan modal di masa depan.

Investasi bisa memberikan keuntungan, tetapi ada juga risikonya. Hal ini yang membuat orang awam takut dan khawatir tentang keamanan investasi mereka.

Reksa dana memiliki berbagai jenis yaitu Reksa Dana Pasar Uang untuk kebutuhan likuiditas jangka pendek. Reksa Dana Pendapatan Tetap untuk kebutuhan jangka menengah. Reksa Dana Campuran, dan Reksa Dana Pasar Saham untuk mereka yang memiliki rencana jangka panjang. 

Data dari The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) menunjukkan reksa dana merupakan salah satu investasi pilihan masyarakat muda guna membeli rumah, kendaraan, biaya pendidikan, dana darurat, dan juga persiapan dana pensiun.