Reksa dana saham bisa jadi andalan dana pendidikan anak

Biaya pendidikan mengalami inflasi setiap tahunnya. Reksa dana saham dapat menjadi pilihan investasi dana pendidikan anak bagi orang tua.

Ilustrasi. Pixabay.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) periode tahun 2021 telah berakhir, tahun ajaran baru pun siap bergulir. Tidak semua siswa bisa melanjutkan pendidikanya di sekolah negeri, sehingga sekolah swasta menjadi pilihan. 

Namun, pendidikan di sekolah swasta butuh biaya yang tak sedikit. Masih ada orang tua yang tidak menyiapkan biaya pendidikan anaknya dengan baik, sehingga terpaksa harus berutang. Padahal, jenjang pendidikan sangat panjang, dari mulai TK, SMA, dan berlanjut ke universitas, yang butuh biaya besar. 

Lalu, bagaimana caranya agar pendidikan anak aman, dan orang tua pun tidak perlu pusing-pusing mencari dana tambahan untuk membiayai pendidikan anak mereka? 

Head of Investment Specialist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Freddy Tedja mengatakan, periode pendidikan anak bisa diperkirakan. Dengan demikian, orang tua bisa memprediksi saat harus mengeluarkan biaya pendidikan untuk anak. 

Keputusan untuk melanjutkan ke sekolah negeri atau swasta adalah sebuah pilihan. Baik sekolah negeri atau sekolah swasta memiliki keunggulan masing-masing.