RI gandeng JICA garap proyek SDGs di Indonesia

Pilot project akan dimulai di lima provinsi Indonesia. 

Kementerian PPN/Bappenas dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menyepakati kerja sama proyek Sustainable Development Goals (SDGs). / Bappenas

Kementerian PPN/Bappenas dan Japan International Cooperation Agency (JICA) menyepakati kerja sama proyek Sustainable Development Goals (SDGs). Pilot project akan dimulai di lima provinsi Indonesia. 

Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sinergi Ekonomi dan Pembiayaan Amalia Adininggar Widyasanti mengatakan, sebagai proyek percontohan, Kementerian PPN/Bappenas JICA telah menyepakati untuk memulai proyek percontohan di Provinsi DKI Jakarta dan Banten. Sementara, tiga provinsi lainnya akan ditentukan saat proyek berjalan. 

"Bentuknya seperti pelatihan, dan meningkatkan kapasitas dari aparat pemerintah daerah untuk menyusun dan menyempurnakan aksi daerah. Kemudian melakukan monitoring dan evaluasi, serta training," ujar Amailia di Jakarta, Kamis (4/4). 

Amalia menyatakan proyek tersebut mencakup seluruh 17 rencana aksi SDGs di Indonesia. Meski demikian, dia tidak bisa merinci proyek-proyek tersebut.

Sementara, Amalia mengatakan pendanaan proyek ini akan mengguna skema SDGs financing hub. Saat ini konsep tersebut masih dalam proses finalisasi. SDGs financing hub akan berada di bawah koordinasi Bappenas dan melibatkan berbagai pihak.