Marwan Jafar: Ruralisasi program konkret perbaiki perekonomian

Sejumlah jalan keluar atau solusi konkret khususnya dari kondisi ekonomi, wajib segera dan terus diupayakan.

Anggota Fraksi PKB DPR, Marwan Jafar (tengah). Dokumentasi Kemendes PDTT

Berbagai aktivitas mobilitas dan frekuensi pertemuan fisik, menjadi berkurang drastis selama Covid-19. Untuk itu, sejumlah jalan keluar atau solusi konkret khususnya dari kondisi ekonomi, wajib segera dan terus diupayakan.

Anggota DPR Marwan Jafar mengaku, sudah mengingatkan perlunya pemerintah mencanangkan program ruralisasi, untuk menggerakkan perbaikan perekonomian secara berkelanjutan.

Program ruralisasi atau ikhtiar gerakan kembali ke desa, serta sekaligus menggerakkan segenap potensi produktif di pedesaan ini, bisa menjadi andalan memperbaiki, serta dapat berkontribusi signifikan untuk penguatan fondasi ekonomi sektor riil.

Marwan yang juga mantan Menteri Desa-PDTT mencontohkan, banyak subsektor produktif di peternakan, perkebunan, perikanan, dan pertanian yang langsung bisa dikerjakan terutama oleh kalangan pelaku UMKM dan perkoperasian.

Dalam konteks ini, yang mesti ditekankan bukan hanya di sisi hulu, tetapi terutama sisi pengolahan, pengemasan, stabilisasi harga, serta pemasaran alias sisi hilir dengan menggunakan sentuhan platform teknologi era masa kini.