Saat konglomerat Pangestu beli perusahaan energi Rp 10 triliun

PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) milik konglomerat Prajogo Pangestu akhirnya mendapatkan restu untuk membeli perusahaan energi senilai Rp 10 T.

PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) rights issue US$1 miliar. (Eka Setiyaningsih/Alinea)

PT Barito Pacific Tbk. (BRPT) milik konglomerat Prajogo Pangestu akhirnya mendapatkan restu untuk membeli perusahaan energi senilai Rp 10 triliun.

Restu tersebut diperoleh dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB) yang digelar Rabu (11/4). Pemegang saham memberikan restu kepada perseroan untuk mencari sumber pendanaan bagi aksi korporasi itu.

RUPSLB memberikan restu penerbitan saham baru dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dauhulu (HMETD) atau rights issue. Emiten sektor petrokimia dan energi itu akan mengantongi dana dari rights issue senilai US$1 miliar atau setara Rp 13,7 triliun (kurs Rp13.700 per dollar AS).

Direktur Utama Barito Pacific Agus Salim Pangestu mengatakan perseroan telah mendapatkan izin dari pemegang saham untuk dua aksi korporasi. Di antaranya, rights issue dan persetujuan akuisisi Star Energy Group Holdings Pte. Ltd.

"Kami harapkan bisa mendapat dana sebanyak-banyaknya US$1 miliar, yang akan digunakan untuk mendukung pengembangan usaha Barito Pacific," katanya usai RUPSLB kepada awak media.