Sah, Waskita Karya lego dua ruas tol ke PT SMI

Divestasi ini merupakan strategi WTR untuk optimalisasi portofolio jalan tol dan mendukung percepatan penyelesaian konstruksi jalan tol.

PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui PT Waskita Toll Road (WTR) sepakat menandatangani PJBB atau CSPA untuk melakukan dua transaksi yaitu transaksi share swap dan divestasi dengan pembayaran tunai, Selasa (13/4/2021). Foto istimewa F

PT Waskita Karya (Persero) Tbk melalui anak perusahaannya, PT Waskita Toll Road (WTR) telah sepakat menandatangani Perjanjian Jual Beli Bersyarat (PJBB) atau Conditional Sale Purchase Agreement (CSPA) untuk melakukan dua transaksi, yaitu transaksi konversi saham (share swap) dan divestasi dengan pembayaran tunai.

Penandatanganan CSPA ini merupakan perjanjian divestasi 20% saham milik WTR di ruas Tol Semarang-Batang (JSB) dan 34,99% saham milik WTR di Cinere-Serpong (CSJ) kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). 

SMI merupakan perusahaan pembiayaan khusus infrastruktur di Indonesia. SMI memiliki 10,62% saham di WTR.

Adapun, nilai transaksi konversi 10,62% saham SMI di WTR adalah sebesar Rp2,69 triliun yang dilaksanakan dalam dua tahap.

Tahap pertama, dilakukan melalui konversi 6,12% saham SMI di WTR sebesar Rp1,55 triliun dengan dua Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yaitu 13,2% kepemilikan saham WTR di JSB setara dengan Rp1 triliun dan seluruh saham WTR di CSJ sebesar Rp550 miliar.