Setapak jalan Anies-Imin untuk perubahan dan perbaikan ekonomi

Pasangan Capres-cawapres Anies-Cak Imin ingin melakukan perubahan dan perbaikan program ekonomi jika terpilih pada pemilu 2024.

Foto Twitter/@aniesbaswedan

Calon Presiden Anies Baswedan baru saja memaparkan visi ekonominya  dengan mengusung tagline “Indonesia Adil Makmur untuk Semua”. Menurutnya, penting menjadikan Indonesia sebagai negara yang makmur agar masalah perekonomian dasar, yakni ketimpangan dapat teratasi. 

Jika tidak segera diatasi, ketimpangan di Indonesia bisa menjadi masalah yang lebih berat karena persoalan ekonomi lainnya atau bahkan non-ekonomi. “Karena itu, menurut kami membereskan soal ketimpangan adalah persoalan urgen yang harus dilakukan,” katanya, dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia yang digelar Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) dan CNBC Indonesia, Kamis (8/11). 

Untuk mengatasi ketimpangan ini, dia perlu melakukan perubahan paradigma, yakni pergeseran fokus ekonomi dari yang tadinya adalah pertumbuhan saja menjadi pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan. Kemudian pendekatan sektoral menjadi pendekatan sektoral dan teritorial. Lalu, dari orientasi menyelesaikan proyek pemerintah menjadi berorientasi kepada menyelesaikan yang senyatanya dihadapi oleh rakyat. 

Pada saat yang sama, perwujudan Indonesia adil makmur untuk semua, menurut pasangan Muhaimin Iskandar alias Cak Imin ini akan memfokuskan pembangunan ekonomi pada empat hal: manusia, ruang hidup, interaksi, dan institusi.  “Untuk kualitas manusia, kita menginginkan agar tingkat keterdidikan dan kondisi kesehatan berkualitas untuk semua. Misinya pada penguatan keluarga. Kita berharap outcome-nya adalah pengembangan kualitas manusia yang merata di seluruh Indonesia,” imbuhnya. 

Ihwal fokus ruang hidup, mewujudkan kota-desa yang saling memajukan serta lingkungan hidup yang lestari dan keadilan ekologis menjadi misinya. Dengan ini diharapkan bisa memeratakan akses ekonomi dan pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan.