SMF salurkan kredit konstruksi perumahan

Penyaluran kredit konstruksi dilakukan melalui kerja sama dengan lembaga penyalur pembiayaan perumahan.  

Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo (tengah) di sela-sela konferensi pers, Jakarta, Kamis (26/11/2020). Foto dokumentasi SMF.

PT Sarana Multigriya Finansial (Persero) atau SMF bakal menyediakan kredit konstruksi. Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan layanan itu merupakan perluasan kegiatan usaha atau mandat yang akan dilakukan melalui kerja sama dengan lembaga penyalur pembiayaan perumahan.  

"Perluasan mandat dimaksudkan membuka peluang perseroan untuk mendukung pembiayaan pasokan perumahan melalui kredit konstruksi,” katanya dalam Konferensi Pers Pencapaian Kinerja SMF Kuartal III-2020, secara virtual pada Kamis (26/11).

Ananta mengungkapkan mandat baru tersebut dapat semakin memperkuat fungsi dan peran SMF dalam mendukung peningkatan kapasitas penyaluran pembiayaan perumahan yang berkesinambungan baik dari sisi supply dan demand. Dengan demikian, akses masyarakat untuk mendapatkan hunian yang layak dan terjangkau dapat semakin terbuka lebar. 

“Kami optimistis dengan adanya mandat baru tersebut, SMF dapat semakin mengoptimalkan perannya untuk mendukung bergeraknya industri perumahan nasional dalam rangka mendukung PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) di sektor perumahan. Di mana, industri perumahan dapat memberikan multiplier effect ke berbagai sektor lainnya,” ujar Ananta.

SMF juga telah menjalankan program penugasan khusus dari pemerintah, yaitu program pembiayaan homestay.  Kegiatan ini memberikan pembiayaan dana bergulir kepada masyarakat pemilik homestay melalui lembaga penyalur, untuk membangun atau merenovasi homestay yang dimiliki agar menarik wisatawan.