Tiga infrastruktur kelistrikan Papua diresmikan

Pengoperasian infrastruktur kelistrikan itu akan memperkuat sistem kelistrikan Papua sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

ilustrasi unsplash.com

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M Soemarno meresmikan tiga infrastruktur kelistrikan di Jayapura, Papua pada Jumat (24/8).

Menteri BUMN Rini M Soemarno mengatakan pengoperasian infrastruktur kelistrikan itu akan memperkuat sistem kelistrikan Papua sehingga bisa mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Tiga infrastruktur tersebut merupakan sistem 150 kV pertama di Papua yang terdiri dari Gardu Induk (GI) 150 kV Jayapura, GI 150 kV Holtekamp dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Holtekamp-Jayapura milik PT PLN (Persero).

"Ketiga infrastruktur ini akan menyalurkan listrik yang dihasilkan pembangkit sehingga semakin banyak warga yang bisa menikmati listrik dan pada akhirnya bisa mendorong kesejahteraan masyarakat," kata Rini dalam keterangan resmi yang diterima Alinea.id, Jumat (24/8).

Keberadaan gardu induk dan SUTT 150 KV ini bisa meningkatkan rasio elektrifikasi Papua dan nasional. Saat ini rasio elektrifikasi Provinsi Papua dan Papua Barat tercatat di level 53,62% dan merupakan provinsi dengan rasio elektrifikasi terendah di Indonesia.