Trik Bahlil tarik investor di Indonesia

Upaya yang dilakukan antaranya menggunakan instrumen Program Strategis Nasional (PSN), dengan memberlakukan skala prioritas.

Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahaladia. Dokumentasi Setkab

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia menyatakan, pemerintah terus berupaya menarik minat investor baik dalam negeri maupun luar negeri untuk berinvestasi di Indonesia. Upaya yang dilakukan antaranya menggunakan instrumen Program Strategis Nasional (PSN), dengan memberlakukan skala prioritas untuk mendorong pemerataan pertumbuhan kawasan ekonomi.

“PSN ini didesain sedemikian rupa dalam rangka memberi skala prioritas untuk meratakan pertumbuhan kawasan ekonomi dan juga menarik investor untuk internal rate of return (IRR) nya bisa masuk,” kata Bahlil dalam presentasinya di Konferensi Pers Investasi Terus Tumbuh Topang Pertumbuhan Ekonomi, Kamis (10/11).

Dalam skala prioritas investor, Bahlil menyampaikan ada perlakuan khusus dari pemerintah, baik dari sisi perizinan yang jauh lebih mudah dibandingkan investasi di luar kawasan, hingga pemberian insentif fiskal berupa tax allowance, tax holiday, dan pembebasan barang impor untuk mesin.

Namun dalam pemberian insentif ini, Bahlil menegaskan pemerintah akan betul-betul menghitung durasi pemberian insentif.

“Sebagai contoh adalah tax holiday akan diberikan kalau perusahaan IRR-nya lama, misal 10 tahun. Maka insentifnya akan diberikan lebih dari itu,” jelas Bahlil.