Una Brands cari brand lokal potensial untuk diakuisisi

Una Brands berencana untuk mengakuisisi sejumlah brand lokal potensial yang memiliki proyeksi omzet bulanan minimal Rp400 juta.

Ilustrasi. iStock

Una Brands mengalokasikan investasi senilai US$35 juta atau Rp500 miliar untuk mendukung brand (merek) lokal berkembang menjadi usaha berkelas internasional. Melalui program akuisisi, pemberian modal kerja, dukungan operasional, hingga ekspansi bisnis internasional dengan tujuan menjadikan mereka sebagai brand global yang digemari dan tak lekang oleh waktu. 

Di sisi lain, Una Brands juga berencana untuk mengembangkan Indonesia sebagai strategic sourcing hub dalam memperluas basis supply chain untuk portofolio Una Brands lainnya. Una brands telah menandatangani perjanjian eksklusif dengan beberapa brand di Indonesia serta menargetkan 12 hingga 15 brand untuk diakuisisi pada 2022. 

CEO dan Founder dari Una Brands Kiren Tanna mengatakan, Indonesia menjadi salah satu prioritas utama Una Brands dan tidak hanya melihat peluang untuk mengakuisisi brand lokal terbaik tetapi juga membantu mereka untuk ekspansi di Indonesia dan global, serta menjadikan Indonesia sebagai strategic sourcing hub untuk portfolio lainnya di luar sourcing hub yang saat ini berada di China.

"Dalam operasionalnya, Una Brands mengambil jalur akuisisi brand lokal yang telah eksis berjualan melalui jalur e-commerce seperti di Tokopedia, Lazada,  Shopee, dan Shopify. Setelah proses akuisisi, Una Brands melalui teknologinya akan mengoptimalkan kinerja brand (termasuk branding, pemasaran, supply chain, hingga fulfilment/logistik)  serta memperluas target distribusi secara domestik maupun internasional dalam lingkup Asia Pasifik dan juga Amerika serta Eropa dengan target pertumbuhan 10x di nilai penjualan dan keuntungan," ujar Kiren dalam keterangan resmi, Senin (20/12).

Kiren mengungkapkan, dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, Una Brands telah berhasil mengakuisisi lebih dari 20 brands di  beberapa kategori, seperti kebutuhan bayi, perlengkapan rumah, dan kosmetik; serta telah meningkatkan penjualan dan keuntungan brand-brand tersebut hingga lebih dari 50%.