Bupati Ikfina serahkan bantuan 275 ekor itik kepada peternak

Sebanyak 63 peternak yang tergabung dalam Kelompok Tani 'Sumber Tani Empat' dan 20 peternak khusus unit usaha menerima bantuan.

Foto dokumentasi.

Sebanyak 63 peternak yang tergabung dalam Kelompok Tani 'Sumber Tani Empat' dan 20 peternak khusus unit usaha di Kabupaten Mojokerto menerima bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto melalui Dinas Pertanian Kabupaten Mojokerto. Total bantuan berupa  275 ekor itik Mojosari diserahkan secara simbolis oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, di Desa Plososari, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Selasa, (30/5) siang.

Bantuan 275 indukan itik itu masing-masing berupa 25 ekor itik jantan dan 250 ekor itik betina. Selain itu, Ikfina juga menyerahkan satu unit mesin tetas telur kapasitas 300 butir, 4 liter desinfektan, 20 pack vitamin dan 500 kilogram pakan konsentrat.

Ikfina menyampaikan penyerahan bantuan itik ini merupakan bagian dari upaya Pemkab Mojokerto untuk segera memulihkan kondisi ekonomi. Selain itu, peternakan ini menjadi potensi yang penting di Kabupaten Mojokerto, terutama dalam pengendalian inflasi.

"Jadi saat ini pemerintah daerah terus diperingatkan oleh pemerintah pusat terkait pengendalian inflasi. Inflasi itu menyebabkan barang naik terus. Karena pasokannya kurang, sedangkan yang membutuhkan banyak," ujarnya.

Ikfina juga meminta para peternak untuk bisa memanfaatkan segala potensi yang ada, termasuk kotoran hewan. Menurutnya, segala kotoran hewan ternak bisa dimanfaatkan dan diolah untuk menjadi pupuk organik.