Disperindagkop Kaltim dorong promosi UMKM lewat e-Commerce

Saat ini ada 195 UMKM di Kalimantan Timur yang masuk dalam sistem e-katalog.

Ilustrasi e-Commerce. Sumber foto: pixabay.com

Dinas perindustrian, perdagangan, koperasi, dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM) Kalimantan Timur mendampingi pelaku UMKM pilihan untuk membuat konten menarik dalam aktifitas menjual produk di e-Commerce.

“Melihat kecenderungan pola berbelanja masyarakat saat ini serba online, maka para pelaku UMKM harus memanfaatkan teknologi untuk melakukan pemasaran dan promosi produknya melalui internet,” tutur Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Disperindagkop Kalimantan Timur, Atikah di Samarinda, Senin (5/12).

Atikah mengatakan dalam pendampingan terhadap pelaku UMKM Disperindagkop Kalimantan Timur menggadeng 30 pelajar SMK jurusan teknik informatika untuk mengajarkan membuat konten video agar promosi produknya di e-Commerce menjadi lebih menarik.

“UMKM Kalimantan Timur produknya bagus-bagus, namun karena promosinya kurang menarik makanya kurang begitu dilirik. Berbeda jika dipromosikan melalui video konten produknya bisa menggambarkan bagaimana dibuat sampai barang jadi atau menggambarkan mengenai khasiat setelah mengonsumsi produk tersebut,” tambah Atikah.

Terlebih, lanjut Atikah, belanja pemerintah ke depan harus menggunakan platform e-katalog, hal ini menjadi peluang bagi UMKM yang mau menjadi mitra pemerintah sebagai penyedia. Saat ini ada 195 UMKM di Kalimantan Timur yang masuk dalam sistem e-katalog.