Alun-alun direvitalisasi, Pemkab Klaten siapkan Jalan Mayor Kusmanto sebagai lokasi CFD

Tempat tersebut disiapkan untuk memfasilitasi UMKM dan warga sembari menunggu proses revitalisasi alun-alun selesai.

Lokasi CFD Jalan Mayor Kusmanto Klaten. Foto: klatenkab.go.id

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten akan meresmikan tempat baru untuk car free day (CFD) di Jalan Mayor Kusmanto pada Minggu 17 Juli. Tempat tersebut disiapkan untuk memfasilitasi UMKM dan warga sembari menunggu proses revitalisasi alun-alun selesai.

Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan, pihaknya juga tidak akan memperpanjang ruas jalan yang digunakan untuk CFD, yakni dari simpang empat Pandanrejo, Klaten Tengah hingga simpang lima, Bramen, Klaten Utara di Jalan Mayor Kusmanto.

”Ada usulan dari organisasi perangkat desa (OPD) terkait untuk memperpanjang jalan untuk CFD tetapi tidak saya beri. Main cantik saja untuk penataan pelaku UMKM-nya,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya, Selasa (5/7).

Sri Mulyani mengatakan, jam buka CFD juga disesuaikan agar tidak menganggu pengendara yang lewat, yakni maksimal pukul 09.00 WIB. Meski bersifat sementara, pihaknya akan mengkaji ulang apakah akan terus menggunakan jalan tersebut atau tidak.

”Kami alihkan ke Jalan Mayor Kusmanto karena kawasan alun-alun sedang ada revitalisasi. Tetapi kalau nyaman bisa dipermanenkan. Bisa juga dikembalikan ke Jalan Pemuda, tapi kita lihat situasi kedepannya seperti apa,” katanya.