Tingkatkan kesejahteraan, Pemkab Kukar dorong BUMDes gali potensi desa

Pendirian BUMDes penting dilakukan sebagai salah satu upaya pemerataan kesejahteraan masyarakat di sektor perekonomian.

117 BUMDes di Kukar mengikuti Bimtek yang digelar DPMD Kukar (Foto: kukarpaper.com)

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Pemkab Kukar) mendorong Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menggali potensi desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Asisten III Setda Kukar, Totok Heru Subroto, mengatakan sebanyak 117 BUMDes mengikuti bimbingan teknis demi meningkatkan kapasitas.

“BUMDes berperan penting dalam rangka memutar roda perekonomian masyarakat desa. Maka BUMDes harus jeli dalam melihat potensi yang ada di desa, serta mampu memetakan potensi tersebut untuk mengembangkan berbagai bidang usaha,” kata Totok, dikutip dari kukarpaper.com, Senin (5/6).

Totok menjelaskan, pendirian BUMDes penting dilakukan sebagai salah satu upaya pemerataan kesejahteraan masyarakat di sektor perekonomian.

“Pendirian BUMDes menjadi penting karena bertujuan untuk memeratakan kesejahteraan dibidang perekonomian desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat,” tuturnya.

Menurut Totok, dalam Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2021 tentang Badan Usaha Milik Desa, BUMDes didirikan untuk menjalankan usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan pelayanan dan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.