Pelukan dan senyuman sambut kedatangan Presiden Korea Selatan di Korea Utara

Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan istri tiba di Pyongyang pada Selasa (18/9). Dia disambut langsung oleh Kim Jong-un dan Ri Sol-ju.

Ilustrasi / Pixabay

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan istri Ri Sol-ju menyambut Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan Ibu Negara Kim Jung-sook dengan pelukan dan senyuman ketika pasangan itu tiba di Pyongyang pada Selasa (18/9) sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Ini merupakan pertemuan ketiga bagi Kim Jong-un dan Moon. Keduanya bertekad memajukan pembicaraan denuklirisasi Semenanjung Korea sekaligus secara resmi mengakhiri Perang Korea.

Tatap muka kali ini dinilai dapat memberikan petunjuk apakah Pyongyang serius melakukan denuklirisasi, sebuah komitmen yang disampaikan Kim Jong-un saat KTT perdana Korea Utara-Amerika Serikat pada Juni lalu.

Pasca-membatalkan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo ke Pyongyang bulan lalu, Trump dikabarkan telah meminta Presiden Moon untuk menjadi negosiator utama antara dirinya dan Kim Jong-un.

Washington sendiri ingin melihat tindakan nyata denuklirisasi seperti yang dijanjikan Kim Jong-un, sebelum secara resmi setuju mengakhiri Perang Korea 1950-1953.