RI tuntut Arab Saudi selesaikan kompensasi korban crane

Arab Saudi berjanji akan memberi santunan sebesar Rp3,9 miliar bagi korban meninggal atau cacat dan Rp1,95 miliar bagi korban luka-luka.

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dengan Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir dalam konferensi pers Sidang Komisi Bersama ke-10 pada Selasa (23/10). Kemlu RI. / Antara Foto

Pemerintah Indonesia kembali mengingatkan Arab Saudi soal kompensasi terhadap korban kecelakaan crane di Makkah pada tahun 2015. 

Sebelumnya, Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz menjanjikan akan memberi santunan kepada korban musibah jatuhnya crane di Masjidil Haram sebesar Rp3,9 miliar bagi korban meninggal atau cacat tetap, dan sekitar Rp1,950 miliar bagi korban luka-luka.

Janji tersebut ditagih oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi kepada Menteri Luar Negeri Arab Saudi Adel al-Jubeir saat tengah melangsungkan Sidang Komisi Bersama ke-10 pada Selasa (23/10).

"Tadi saya meminta perhatian pemerintah Arab Saudi terkait dengan korban crane pada 2015 lalu dengan perusahaan Saudi bin Laden," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers di Gedung Pancasila Kemlu RI, Jakarta, Selasa (23/10).

Kecelakaan crane di Masjidil Haram yang terjadi pada 11 September 2015 menewaskan hingga 118 orang dan menyebabkan 394 lainnya luka-luka. Sedikitnya, 7 jemaah haji Indonesia meninggal dalam musibah itu, sementara korban luka mencapai 42 orang.