Dunia

Sembilan dari 10 pegawai swasta di Yunani hadapi kondisi buruk

Walaupun Yunani telah keluar dari program talangan pada Agustus tahun ini, tantangan masih ada.

Jumat, 05 Oktober 2018 07:10

Sembilan dari 10 pegawai di sektor swasta di Yunani menghadapi kondisi pekerjaan yang bertambah buruk dalam beberapa tahun krisis utang. Demikian survei yang dilakukan untuk Konfederasi Umum Pekerja Yunani (GSEE).

Sebanyak 90% responden dalam jajak pendapat, yang dilakukan oleh perusahaan angket ALCO, mengatakan dalam delapan tahun belakangan ini, mereka telah menderita akibat pengurangan gaji, ketidakamanan pekerjaan dan pukulan dalam perlindungan asuransi sosial mereka dan kondisi kerja, kata lembaga penyiaran nasional ERT pada Rabu (3/10).

Sebanyak 37% pegawai sektor swasta mengatakan mereka menghadapi penundaan pembayaran gaji mereka setidaknya satu bulan dalam beberapa tahun belakangan ini.

Walaupun Yunani telah keluar dari program talangan pada Agustus tahun ini, tantangan masih ada. Angka pengangguran mencapai 19% dan pasar tenaga kerja menghadapi banyak masalah.

GSEE dan serikat pekerja lain mendesak ditegakkannya kembali kesepakatan bersama guna menjaga hak pekerja serta menaikkan gaji minimum di sektor swasta.

Khairisa Ferida Reporter
Khairisa Ferida Editor

Tag Terkait

Berita Terkait