4 Momen paling disorot dalam pemakaman George HW Bush

Empat presiden AS duduk berjajar saat menghadiri ibadat pemakaman George HW Bush di Katedral Nasional Washington.

Jasad presiden Amerika Serikat George HW Bush saat disemayamkan di tengah ruangan dalam upacara pemakaman di U.S. Capitol Rotunda, Washington, Amerika Serikat, Senin (3/12). ANTARA FOTO/REUTERS/Jonathan Ernst

Amerika Serikat tengah berkabung menyusul wafatnya George HW Bush. Presiden ke-41 AS itu meninggal pada Jumat (30/11) dalam usia 94 tahun.

Rangkaian upacara pemakaman Bush Sr telah dimulai pada Senin (3/12). Mendiang diberangkatkan dari rumah duka George H. Lewis & Sons di Bering ke Ellington Field, Texas, sebelum akhirnya diterbangkan oleh pesawat kepresidenan Air Force One yang untuk sementara waktu berganti nama menjadi 'Special Air Mission 41' ke pangkalan militer Joint Base Andrews di Maryland.

Ayahanda dari mantan George W. Bush itu disemayamkan selama tiga hari di Capitol Hill. Masyarakat umum diberikan kesempatan untuk melayat dari Senin malam hingga Rabu pagi. Presiden Donald Trump dan istri termasuk para tokoh yang hadir.

Dari Capitol Hill, pada Rabu (5/12) jasad Bush Sr dipindahkan ke Katedral Nasional Washington untuk ibadat pemakaman, sebelum akhirnya dimakamkan di George Bush H.W. Presidential Library Center pada Kamis (6/12). 

Sejumlah momen canggung terekam di Katedral Nasional Washington. Berikut ulasannya: