Trump tunjuk eks reporter sebagai dubes AS untuk PBB?

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Heather Nauert yang juga seorang eks reporter digadang-gadang akan menjadi dubes AS untuk PBB.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat Heather Nauert. IG/@heathernauert

Presiden Donald Trump dikabarkan akan mengajukan juru bicara Kementerian Luar Negeri Heather Nauert menjadi duta besar Amerika Serikat berikutnya untuk PBB. 

Dua pejabat pemerintahan AS membenarkan kabar tersebut. Sementara itu, seorang staf anggota Kongres menyebutkan bahwa Trump akan mengumumkan hal tersebut pada Jumat pagi waktu setempat.

Trump sebelumnya sempat mengatakan bahwa sosok Nauert berada di bawah pertimbangan serius untuk menggantikan Nikki Haley, yang pada Oktober lalu mengumumkan bahwa dia akan mengundurkan diri pada akhir tahun ini. Jika Nauert dikonfirmasi oleh Senat, maka perempuan usia 48 tahun itu akan menjadi corong vokal kebijakan luar negeri Trump.

Bulan lalu, kepada wartawan Trump mengatakan bahwa Nauert sangat bagus. "Dia telah menjadi pendukung untuk waktu yang lama."

Meski demikian, kepastian terkait penunjukan Nauert sebagai dubes AS untuk PBB baru dapat dipastikan setelah Trump membuat pengumuman langsung. Rekam jejak menunjukkan bahwa sang presiden kerap plintat-plintut.