Libya bergolak, 23 tewas dalam bentrokan di ibu kota Tripoli

Eskalasi itu mengancam ketenangan yang relatif telah dinikmati Libya selama hampir dua tahun terakhir.

Bentrokan di Tripoli 27 Agutustus 2022 menewaskan 23 orang. Foto ABBONEWS

Sedikitnya 23 orang tewas setelah bentrokan mematikan pecah pada Sabtu di ibu kota Libya, Tripoli antara milisi yang didukung oleh dua pemerintahan saingannya. Peristiwa ini menandakan kembalinya kekerasan di tengah kebuntuan politik yang panjang.

Bentrokan berdarah ini juga membuat 140 lebih terluka dan 64 keluarga dievakuasi dari daerah sekitar pertempuran, kata Kementerian Kesehatan.

Eskalasi itu mengancam ketenangan yang relatif telah dinikmati Libya selama hampir dua tahun terakhir. Negara kaya minyak itu jatuh ke dalam kekacauan menyusul pemberontakan yang didukung NATO yang menggulingkan dan membunuh penguasa Libya Moammar Gaddafi pada 2011.

Di antara korban tewas adalah Mustafa Baraka, seorang komedian yang dikenal karena video media sosialnya yang mengejek milisi dan korupsi. Baraka meninggal setelah dia ditembak di dadanya, kata Malek Merset, juru bicara layanan darurat.

Merset mengatakan layanan darurat masih berusaha untuk mengevakuasi korban luka dan warga sipil yang terjebak dalam pertempuran yang meletus semalam dan berlanjut hingga Sabtu malam.