Akuisisi 9% saham, CEO Tesla Elon Musk juga jadi bos Twitter

Tujuan Musk mengakuisisi saham senilai 3 miliar dolar tersebut tidak begitu jelas.

Logo Twitter. Foto pixabay

CEO perusahaan teknologi Tesla Elon Musk telah mengakuisisi 9% saham di Twitter. Saat ini Musk adalah pemegang saham terbesar untuk platform media sosial tersebut.

Dilansir Associated Press, Selasa (5/4), tujuan Musk mengakuisisi saham senilai 3 miliar dolar tersebut tidak begitu jelas. Namun, pada akhir Maret, Musk, yang memiliki 80 juta pengikut Twitter dan aktif di situs tersebut, mempertanyakan kebebasan berbicara dan apakah platform tersebut merusak demokrasi.

Di tahun-tahun sebelumnya, Twitter dan platform media sosial lainnya telah mendapat kecaman karena mengizinkan pidato dengan konten sensitif bertebaran. Platform tersebut menjadi tempat untuk ujaran kebencian, pelecehan rasial, dan hasutan.

Tidak jelas kapan Musk membeli saham itu. Pengajuan Komisi Sekuritas dan Bursa AS yang dipublikasikan pada Senin (4/4) mengatakan peristiwa yang memicu pembelian saham terjadi pada 14 Maret.

Analis industri dan pakar hukum Angelo Zino mengatakan Musk dapat mulai mengadvokasi perubahan di Twitter. Pendiri Twitter Jack Dorsey mengundurkan diri sebagai CEO pada November tahun lalu. Saham Musk di Twitter sekarang lebih dari empat kali ukuran Dorsey, yang telah menjadi pemegang saham individu terbesar.