AS siapkan paket bantuan ekonomi ke Venezuela jika Maduro jatuh

Venezuela telah lumpuh selama bertahun-tahun oleh hiperinflasi dan keterpurukan ekonomi yang memicu jutaan rakyatnya mengungsi.

Presiden Nicolas Maduro dan jajaran petinggi pemerintahannya. ANTARA FOTO/Miraflores Palace/Handout via REUTERS

Pemerintahan Donald Trump mengklaim tengah mempersiapkan paket bantuan ekonomi bagi Venezuela jika sewaktu-waktu rezim Nicolas Maduro jatuh. 

Larry Kudlow, direktur Dewan Ekonomi Nasional Gedung Putih, mengungkapkan garis besar rencana tersebut pada Rabu (3/4) ketika dia meminta Maduro mundur dan mengizinkan Juan Guaido, pemimpin oposisi yang diakui Amerika Serikat sebagai presiden sementara, mengambil alih kursi kepemimpinan.

Rencana paket bantuan komprehensif untuk Venezuela datang ketika Presiden Trump memangkas bantuan ke negara-negara lain termasuk Guatemala, Honduras, dan El Salvador karena frustasi atas kebijakan migrasi mereka. 

"Kami memiliki banyak rencana untuk merevitalisasi ekonomi Venezuela," kata Kudlow. "Itu akan menjadi sebuah rencana penyelamatan, sebuah rencana restrukturisasi."

Venezuela telah lumpuh selama bertahun-tahun oleh hiperinflasi dan keterpurukan ekonomi yang memicu jutaan rakyatnya mengungsi ke Kolombia dan negara-negara lain. Krisis politik yang ditandai dengan pengakuan Guaido sebagai presiden sementara oleh AS dan sekutunya pada Januari semakin memperparah kondisi tersebut.