AS tawarkan helikopter tempur ke Slovakia

Di bawah tawaran itu, Slovakia akan membayar US$340 juta untuk helikopter serang Bell AH-1Z.

Slovakia ditawari 12 helikopter militer baru oleh Amerika Serikat sebagai kompensasi atas jet tempur MiG-29 yang diputuskan negara itu untuk diberikan kepada Ukraina, kata Menteri Pertahanan Jaroslav Nad pada Rabu, 22 Maret 2023. AP PHOTO/Sasa Radic

Amerika Serikat telah menawarkan Slovakia 12 helikopter militer baru, sebagai kompensasi atas jet tempur MiG-29 yang diberikan negara Eropa itu kepada Ukraina. Demikian dikatakan Menteri Pertahanan Slovakia, Rabu (22/3).

Menteri Pertahanan Slovakia Jaroslav Nad, menjelaskan, di bawah tawaran itu, Slovakia akan membayar US$340 juta untuk helikopter serang Bell AH-1Z dalam kesepakatan senilai sekitar US$1 miliar yang juga mencakup 500 rudal dan pelatihan AGM-114 Hellfire II.

Pembiayaan militer luar negeri AS akan mencakup US$660 juta lainny. Uni Eropa juga akan mengirim Slovakia 200 juta euro ($213 juta) sebagai kompensasi tambahan

Pemerintah Slovakia dipastikan menerima tawaran itu.

Nad mengatakan angkatan bersenjata negaranya saat ini tidak memiliki helikopter tempur dan kesepakatan itu akan “secara signifikan meningkatkan kemampuan pertahanan Slovakia.”