AS umumkan darurat cacar monyet

Gedung Putih mengatakan telah menyediakan lebih dari 1,1 juta dosis dan telah membantu meningkatkan kapasitas diagnostik domestik.

Daniel Rofin, 41, menerima vaksin cacar monyet dari seorang profesional kesehatan di pusat medis di Barcelona, Spanyol, 26 Juli 2022. (Foto AP/Francisco Seco/dokumentasi

Pemerintah federal Amerika Serikat, mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat pada Kamis (4/8) waktu setempatn, untuk meningkatkan tanggapan terhadap wabah monkeypox yang telah menginfeksi lebih dari 7.100 orang Amerika.

Pengumuman tersebut mengartikan akan bantak uang dan sumber daya lainnya yang dikerahkan untuk melawan virus, yang dapat menyebabkan demam, nyeri tubuh, kedinginan, kelelahan, dan benjolan seperti jerawat di banyak bagian tubuh.

“Kami siap untuk mengambil tanggapan kami ke tingkat berikutnya dalam mengatasi virus ini, dan kami mendesak setiap orang Amerika untuk menganggap cacar monyet dengan serius,” kata Kepala Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS (HHS) Xavier Becerra.

Deklarasi oleh HHS datang ketika pemerintahan Biden menghadapi kritik atas ketersediaan vaksin cacar monyet. Klinik di kota-kota besar seperti New York dan San Francisco mengatakan, mereka belum menerima cukup vaksin dua kali untuk memenuhi permintaan, dan beberapa harus berhenti menawarkan dosis kedua untuk memastikan pasokan dosis pertama.

Gedung Putih mengatakan telah menyediakan lebih dari 1,1 juta dosis dan telah membantu meningkatkan kapasitas diagnostik domestik menjadi 80.000 tes per minggu.