Ayam jago emas telah terpasang di puncak Notre Dame

Pada kunjungan baru-baru ini ke lokasi konstruksi, Presiden Emmanuel Macron berjanji bahwa pekerjaan Notre Dame akan dibuka “sesuai jadwal”.

Foto: France24

Oase.id - Puncak menara Notre Dame, yang dimahkotai dengan seekor ayam jago emas baru, kembali terlihat di cakrawala Paris minggu lalu. Inilah untuk pertama kali puncak itu kembali terlihat, setelah bangunan ikonik itu terbakar pada 15 April 2019.

Ketika wisatawan dan warga Paris berkumpul di luar katedral untuk mengagumi kembalinya salah satu fitur paling simbolis, lokasi kerja Notre Dame tetap berjalan lancar. Hampir 500 pengrajin sibuk dengan upaya pembangunan kembali, bekerja untuk memastikan landmark Paris siap untuk dibuka kembali untuk umum kurang dari setahun dari sekarang. Saat ini puncak menara Notre Dame masih terbungkus perancah.

“Sangat menarik melihat bagaimana sesuatu yang bernilai sejarah dipulihkan,” kata Stephan Book, seorang turis yang mengunjungi Paris dari Swedia bersama putrinya dan ayahnya yang berusia 80 tahun. “Dan ambisi untuk melakukan semuanya dalam lima tahun,” tambahnya, “Ini seperti ketika Kennedy mengatakan (manusia) akan pergi ke bulan.”

Pada kunjungan baru-baru ini ke lokasi konstruksi, Presiden Emmanuel Macron berjanji bahwa pekerjaan Notre Dame akan dibuka “sesuai jadwal” untuk umum pada tanggal 8 Desember 2024, lima tahun tujuh bulan setelah kebakaran yang menghancurkan sebagian besar bangunan berusia 860 tahun itu. 

“Pada saat Olimpiade tiba (pada bulan Juli), kami memperkirakan bagian atas puncak menara telah dibuka dan sebagian besar atapnya telah selesai, sehingga warga Paris dan pengunjung dari seluruh dunia dapat melihat betapa dekatnya jarak katedral akan dibuka kembali,” kata Philippe Jost dari Rebuilding Notre Dame de Paris (badan publik yang bertanggung jawab atas konservasi dan restorasi katedral), kepada parlemen Prancis pada 13 Desember.