Beda gaya Obama dan Trump saat memantau operasi khusus

Foto Trump saat menyaksikan operasi khusus penggerebekan pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi memicu kontroversi.

Presiden AS Donald Trump saat menyampaikan pernyataan terkait tewasnya pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, Minggu (27/10). REUTERS/Joshua Roberts

Pada Sabtu (26/10), operasi pasukan khusus Amerika Serikat, berujung pada kematian pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi di Idlib, Suriah. Dalam pengumumannya pada Minggu (27/10) pagi, Presiden Donald Trump mengatakan bahwa Baghdadi tewas bak seekor anjing ketika dia meledakkan rompi bunuh diri yang juga membunuh tiga anaknya.

Gedung Putih merilis dua foto dari dalam "Situation Room" pascapenggerebekan Baghdadi. Dua foto tersebut menunjukkan Trump yang mengenakan setelan jas lengkap duduk di ujung meja, dan Wakil Presiden Mike Pence yang juga tampil rapi berada di sisi kirinya. Di sisi kanan Trump, duduk Menteri Pertahanan Mark Esper.

Ket foto: Presiden ke-45 Donald Trump dan wakilnya, Mike Pence, bersama tim keamanan nasional saat memantau operasi khusus menyergap pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, Sabtu (26/10). Shealah Craighead/The White House/Handout via REUTERS

Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien mengisi kursi tepat di sebelah Pence. Selain itu, ada pula Jenderal Mark A Milley dan Marcus Evans.