Terungkap jadi koki di restoran pizza, bos mafia Italia buronan 16 tahun diciduk

Jaksa yakin dia anggota 'Ndrangheta, organisasi mafia kuat yang didirikan di Calabria, Italia selatan

Edgardo Greco. Foto CNN

Seorang bos mafia Italia selama ini buron, ditangkap di Prancis. Uniknya selama pelarian, dia bekerja sebagai koki pizza setidaknya selama tiga tahun, setelah 16 tahun dicari-cari polisi anti-mafia Italia.

Edgardo Greco, 63, dicari atas pembunuhan dua saudara laki-laki yang terbunuh dalam "perang mafia" antara dua geng di awal 1990-an.

Jaksa yakin dia anggota 'Ndrangheta, organisasi mafia kuat yang didirikan di Calabria, Italia selatan. 'Ndrangheta sekarang menjadi salah satu organisasi kriminal terkuat di dunia, dengan ikatan di seluruh Eropa dan Amerika Selatan.

Polisi militer Carabinieri Italia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa para penyelidik telah melacak jaringan Greco sejak 2019, yang akhirnya membawa mereka ke kota Saint-Etienne di Prancis, tempat Greco ditangkap pada Kamis.

Penangkapannya adalah penangkapan mafia penting kedua oleh otoritas Italia dalam beberapa minggu. Itu menyusul penangkapan "bos dari bos" mafia Matteo Messina Denaro, yang telah buron selama 30 tahun. Keduanya dicari karena melakukan pembunuhan pada 1990-an.