Cegah imigrasi, AS berinvestasi di Amerika Tengah dan Meksiko

Amerika Tengah dan bagian Meksiko Selatan daerah miskin, sehingga rumah banyak orang yang mencoba menyebrang ke AS secara ilegal.

Imigran dalam karavan menuju perbatasan AS beristirahat di sebuah taman di Huehuetan, Meksiko 18 November 2021. REUTERS/Jose Torres

Menteri Luar Negeri (Menlu) Meksiko, Marcelo Ebard, mengatakan, bahwa Amerika Serikat (AS) akan berinvestasi di Amerika Tengah dan Meksiko selatan untuk mempromosikan pembangunan serta membantu menahan imigrasi.

Ebrard mengatakan, AS akan berkontribusi pada skema yang kemungkinan disebut "sembrando oportunidades", atau peluang penanaman.

Pernyataan tersebut diberikan pada konferensi pers setelah adanya pembicaraan antara Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador, Presiden AS Joe Biden, dan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau. 

Ebard tidak memberikan rincian atau ukuran invetasi tersebut, tetapi ia mengungkapkan, pemerintah Meksiko akan bekerja dengan badan-badan AS.

"Yang paling penting adalah ada tanggapan atas apa yang diusulkan Presiden Lopez Obrador terkait migrasi dan masa depan," kata Ebrard, merujuk pada upaya Lopez Obrador untuk memacu pembangunan regional, pada Kamis (18/11).