Dampingi sang ayah melawat ke Asia, Ivanka Trump curi perhatian

Dari KTT G20 di Jepang hingga kunjungan Donald Trump ke Korea Selatan, sosok dan pengaruh Ivanka menonjol.

Ivanka Trump diapit sang ayah dan PM Jepang Shinzo Abe dalam KTT G20 di Osaka, Sabtu (29/6). REUTERS/Kevin Lamarque

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo nyaris tidak kebagian tempat pada momen foto bersama Donald Trump dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. 

Trump dan Moon Jae-in mengambil posisi di tengah, diikuti oleh Ibu Negara Korea Selatan Kim Jung-sook persis di sebelah kanan Trump. Menteri Luar Negeri Korea Selatan Kang Kyung-wha dan jajaran kabinet Moon Jae-in lainnya berdiri di sisi presiden mereka.

Di sisi Trump, selain Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Pompeo, terdapat pula anak dan mantunya, Ivanka Trump dan Jared Kushner. Keduanya menjabat sebagai penasihat senior Trump.

Kehadiran Ivanka merangkum peran luar biasa yang dimainkannya selama lawatan sang ayah ke Asia, memicu kembali teka-teki tentang posisi Melania sebagai ibu negara.

Gedung Putih sendiri telah menegaskan bahwa Ivanka bukan negara. Direktur Komunikasi Melania yang saat ini menjadi Sekretaris Pers Gedung Putih, Stephanie Grisham, menolak memberikan alasan di balik absennya istri Trump dalam KTT G20 di Osaka, Jepang, dan lawatan ke Korea Selatan.