Dituduh palsukan vaksinasi Covid-19, mantan Presiden Brasil akan dikasuskan?

Kantor kejaksaan Brasil belum memutuskan apakah mereka akan mengajukan tuntutan terhadap Bolsonaro dalam kasus vaksin palsu tersebut.

Jair Bolsonaro semasa kepresidenannya. Foto Eduardo Munoz-Pool Photo-AP

Masalah vaksinasi saat Covid-19 bisa menyeret mantan presiden Brasil Jair Bolsonaro menghadapi masalah hukum. Pasalnya, polisi Federal Brasil pada hari Selasa (19/3) menuding mantan Presiden sayap kanan itu memalsukan catatan vaksinasi COVID-19 miliknya.

Dilansir Deutsche Welle, tuduhan tersebut mengatakan Bolsonaro merusak database kesehatan masyarakat agar seolah-olah dia dan beberapa orang di lingkarannya telah divaksinasi.

Bolsonaro memalsukan informasi untuk membuat seolah-olah bahwa dia, putrinya yang berusia 12 tahun, dan anggota rombongannya telah menerima suntikan COVID-19, kata polisi dikutip USA Today.

Bolsonaro dan para pembantunya diduga mengutak-atik database kementerian kesehatan menjelang kunjungannya pada bulan Desember 2022 ke Amerika Serikat, yang memerlukan bukti vaksinasi untuk masuk.

Mantan presiden tersebut pernah mencela vaksin saat menjabat, bahkan ketika virus corona telah menewaskan hampir 700.000 warga Brasil.