Dream of Dessert kereta mewah Arab Saudi yang akan membelah gurun

Perusahaan Kereta Api Saudi telah menjanjikan komitmennya terhadap program pemerintah yang dikenal sebagai Visi Saudi 2030.

Dream of Dessert. Foto KSA

Menyeberangi gurun mungkin akan menjadi lebih glamor. Perusahaan kereta api milik negara Saudi Arabia Railways (SAR) baru-baru ini mencapai kesepakatan senilai 200 juta riyal Saudi (US$53,33 juta) dengan perusahaan perhotelan Italia Arsenale Group untuk meluncurkan kereta mewah pertama di kerajaan Timur Tengah tersebut.

Keputusan Arab Saudi untuk memasuki pasar kereta api mewah terjadi ketika permintaan akan kereta api berkecepatan tinggi dan “pelayaran kereta api” mewah terus meningkat di seluruh dunia.

Banyak negara telah menginvestasikan jutaan, atau bahkan miliaran dolar dalam beberapa kasus, ke dalam infrastruktur baru karena pelanggan mencari alternatif yang lebih berkelanjutan dibandingkan perjalanan jarak pendek dan/atau jalan raya yang macet.

Presiden AS Joe Biden telah menjanjikan US$30 miliar untuk proyek dan peningkatan kereta api di seluruh negeri, sementara menurut Reuters, Prancis berencana untuk memperkuat jaringan kereta apinya dengan menginvestasikan sekitar €100 miliar (US$106 miliar) untuk perjalanan kereta api pada tahun 2040.

Layanan Saudi dijadwalkan diluncurkan sekitar satu tahun setelah “Orient Express – La Dolce Vita,” sebuah kolaborasi antara Arsenale Group dan Accor Group.