Fitch turunkan peringkat kredit AS

Peringkat tersebut dipotong satu tingkat pada Selasa (2/8) waktu setempat, menjadi AA+ dari AAA.

Foto ini menunjukkan logo untuk Fitch Ratings, Minggu, 9 Oktober 2011, di New York.Foto AP/Henny Ray Abrams, dokumentasi.

Fitch Ratings telah menurunkan peringkat kredit pemerintah Amerika Serikat, setelah meningkatnya utang di tingkat federal, negara bagian, dan lokal serta "kemerosotan standar tata kelola yang stabil" selama dua dekade terakhir di AS.

Peringkat tersebut dipotong satu tingkat pada Selasa (2/8) waktu setempat, menjadi AA+ dari AAA. Namun, peringkat baru tersebut masih memasukkan AS dalam investment grade.

Keputusan tersebut mengilustrasikan salah satu cara bahwa meningkatnya polarisasi politik dan kebuntuan yang berulang-ulang di Washington atas pengeluaran dan pajak, dapat merugikan pembayar pajak AS. Peringkat kredit yang lebih rendah, dari waktu ke waktu, dapat meningkatkan biaya pinjaman untuk pemerintah AS.

Ini hanya kedua kalinya dalam sejarah negara peringkat kreditnya dipotong. Pada 2011, lembaga pemeringkat Standard & Poor's mencabut peringkat AAA AS, setelah pertarungan berkepanjangan atas batas pinjaman pemerintah. Kantor Akuntabilitas Pemerintah, dalam laporan 2012, memperkirakan kebuntuan anggaran pada 2011 yang meningkatkan biaya pinjaman Departemen Keuangan sebesar US$1,3 miliar pada tahun itu.

Pada saat yang sama, ekonomi AS yang sangat besar dan sejarah stabilitas pemerintah federal, telah mempertahankan biaya pinjamannya tetap rendah. Investor global sering berduyun-duyun ke sekuritas Treasury AS selama periode gejolak ekonomi. Dan hal itu menurunkan tingkat bunga yang dibayarkan oleh pemerintah AS.