Gedung Putih bohong soal ketidakhadiran Trump

Gedung Putih mengatakan Trump absen dalam sesi perubahan iklim di KTT G7 untuk bertemu PM Modi dan Kanselir Jerman. Faktanya berbeda.

Para pemimpin negara anggota G7 dalam sesi Ekonomi Global, Kebijakan Luar Negeri dan Urusan Keamanan di Biarritz, Prancis, Minggu (25/8). ANTARA FOTO/Andrew Harnik/Pool via REUTERS

Donald Trump absen dalam sesi perubahan iklim KTT G7 yang berlangsung pada Senin (26/8). Perihal itu Trump menuturkan bahwa kekayaan Amerika Serikat didasarkan pada energi dan dia menolak membahayakannya.

Trump, yang pada 2017 menarik AS hengkang dari Perjanjian Iklim Paris 2015, menggambarkan pemanasan global sebagai hoaks.

"Saya merasa bahwa AS memiliki kekayaan luar biasa. Kekayaan yang berada di bawah kakinya. Saya telah menghidupkannya ... Kami sekarang adalah produsen nomor satu energi di dunia," kata Trump kemarin ketika disinggung pandangannya mengenai perubahan iklim.

"Saya tidak ingin kehilangan kekayaan tersebut, tidak demi mimpi-mimpi, kincir angin, yang jujur saja tidak berfungsi terlalu baik," kata Trump.

Pemerintahan Trump telah menjungkirbalikkan kebijakan lingkungan AS yang dijalankan pendahulunya, Barack Obama.