Gubernur New York mengundurkan diri karena skandal seks

Letnan Gubernur Kathy Hochul akan menggantikan Cuomo, sesama Demokrat, dan menjadi gubernur wanita pertama Empire State.

Andrew Cuomo. foto IG

Gubernur New York Andrew Cuomo mengatakan dia akan mengundurkan diri. Keputusan ini terkait dengan kasus skandal pelecehan seksual yang sedang dihadapinya.

Pengumuman mengejutkan Cuomo dalam siaran langsung dari kantornya, Selasa (10/8) di Manhattan datang beberapa menit setelah pengacaranya kembali dengan tegas membantah klaim bahwa dia telah melecehkan siapa pun secara seksual selama tiga masa jabatannya.

Letnan Gubernur Kathy Hochul akan menggantikan Cuomo, sesama Demokrat, dan menjadi gubernur wanita pertama Empire State.

Pengunduran diri Cuomo terjadi satu minggu setelah laporan memberatkan yang dikeluarkan oleh kantor Kejaksaan Agung negara bagian menemukan bahwa dia telah melakukan pelecehan seksual terhadap setidaknya 11 staf saat ini dan mantan staf, termasuk seorang polisi negara bagian yang ditugaskan untuk perlindungannya dan wanita di luar pemerintahan.

Itu juga terjadi karena setidaknya lima kantor kejaksaan di seluruh negara bagian telah memulai penyelidikan kemungkinan kejahatan oleh Cuomo terhadap beberapa wanita.