Haiti diguncang gempa hebat, sedikitnya 304 tewas

Gempa terjadi bertepatan dengan perayaan santo pelindung kota. Ini membuat  hotel kemungkinan lebih penuh dari biasa.

Haiti diguncang gempat, sedikitnya 304 orang tewas. foto SS Youtube ABC News

Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter melanda Haiti barat daya pada Sabtu, menewaskan sedikitnya 304 orang dan melukai sedikitnya 1.800 lainnya. 

Badan perlindungan sipil Haiti mengatakan di Twitter bahwa korban tewas  sebagian besar di selatan negara itu. Pusat gempa berada sekitar 125 kilometer (78 mil) barat ibu kota Port-au-Prince. 

Perdana Menteri Ariel Henry mengatakan dia sedang mengirimkan bantuan ke daerah-daerah di mana kota-kota hancur dan rumah sakit kewalahan dengan pasien yang datang.

Henry mengumumkan keadaan darurat satu bulan untuk seluruh negeri dan mengatakan dia tidak akan meminta bantuan internasional sampai tingkat kerusakan diketahui. Pemerintah memiliki orang-orang di kota pesisir Les Cayes untuk membantu merencanakan dan mengoordinasikan tanggapan.

“Yang paling penting adalah menolong sebanyak mungkin orang yang selamat di bawah reruntuhan,” kata Henry. “Kami telah mengetahui bahwa rumah sakit setempat, khususnya di Les Cayes, kewalahan dengan orang-orang yang terluka.”