Harga sembako naik 300%, Iran tangkapi puluhan demonstran

Penangkapan tersebut menyusul pengumuman Iran minggu ini bahwa biaya minyak goreng, ayam, telur dan susu akan naik sebanyak 300%.

Foto ilustrasi: Arab News

Pihak berwenang Iran menangkap sedikitnya 22 demonstran yang memprotes kenaikan harga makanan pokok bersubsidi di dua kota selatan, media pemerintah melaporkan Jumat pagi.

Penangkapan tersebut menyusul pengumuman Iran minggu ini bahwa biaya minyak goreng, ayam, telur dan susu akan naik sebanyak 300%, karena harga pangan melonjak di Timur Tengah karena gangguan rantai pasokan global dan invasi Rusia ke eksportir makanan utama Ukraina. 

Kantor berita IRNA yang dikelola pemerintah melaporkan bahwa 15 orang ditangkap semalam di kota barat daya Dezful di provinsi Khuzestan, serta tujuh lainnya di kota Yasuj di Provinsi Kohgiluyeh-Boyerahmad di selatan.

Laporan itu juga mengatakan bahwa 200 orang telah berkumpul di kota lain di provinsi Khuzestan - Andimeshk - di mana seorang petugas pemadam kebakaran terluka setelah para demonstran melemparkan batu ke arah polisi dan petugas pemadam kebakaran. Situasi telah tenang di semua area pada hari Jumat, tambah IRNA.

Sebelum demonstrasi, kelompok advokasi NetBlocks.org mengatakan bahwa gangguan Internet dilaporkan di seluruh negeri karena pemerintah bersiap untuk kemungkinan kerusuhan.