Indonesia-Eswatini perkuat kerja sama bilateral

Kerja sama ini menjadi pintu pembuka kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Kerajaan Eswatini.

YouTube/Sekretariat Presiden.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Kerajaan Eswatini Thulisile Dladla melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU perkuatan kerja sama bilateral antara kedua negara di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/8). Penandatanganan MoU tersebut disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Raja Eswatini, Mswati III.

Menlu Retno mengatakan, hal ini merupakan langkah awal dan menjadi pintu pembuka kerja sama ekonomi antara Republik Indonesia dengan Kerajaan Eswatini.

“MoU ini sangat penting artinya untuk membuka atau sebagai pembuka pintu upaya peningkatan kerja sama, terutama kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Eswatini,” ujar Retno dalam keterangannya selepas acara.

Di dalam MoU tersebut, lanjut Retno, ada beberapa bidang kerja sama yang akan menjadi fokus perhatian dari kedua negara. Beberapa bidang yang jadi prioritas tersebut antara lain perdagangan, investasi, pertambangan, energi, ekonomi hijau, pertanian, infrastruktur dan pembangunan, pariwisata, hingga hal-hal yang terkait dengan kesehatan.

“Nantinya, dari waktu ke waktu kita akan lakukan pertemuan untuk menindaklanjuti sampai di mana kerja sama-kerja sama itu dilakukan,” ujarnya.