Inggris imbau warganya tidak kunjungi Indonesia

Dubes Owen Jenkins menyebut bahwa sejumlah kebijakan dapat berpengaruh pada perjalanan dari Inggris.

Seorang pria dengan masker wajah duduk di dalam bus di pusat kota London, Inggris, Sabtu (14/3), di tengah meningkatnya kasus Covid-19 di luar China. ANTARA FOTO/REUTERS/Dylan Martinez

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste Owen Jenkins mengumumkan bahwa pemerintahnya mengimbau agar warga negara Inggris tidak mengunjungi Indonesia untuk sementara waktu terkait penyebaran coronavirus jenis baru atau Covid-19, kecuali untuk urusan yang sangat mendesak.

Imbauan tersebut disampaikan Jenkins lewat video yang diunggah ke akun Twitter Kedutaan Besar Inggris di Jakarta pada Senin (16/3) malam. 

Dubes Jenkins menjelaskan, pemerintah Indonesia tengah meningkatkan upaya untuk menghadapi penyebaran Covid-19 yang telah dinyatakan oleh WHO sebagai pandemi. 

"Upaya itu termasuk beberapa kebijakan yang dapat berpengaruh pada perjalanan dari Inggris, sebagai contoh, pengunjung harus melakukan isolasi mandiri pada kedatangan ke Indonesia," ujar Dubes Jenkins.

Ada pula kebijakan yang dapat mempengaruhi kegiatan perjalanan bagi warga negara Inggris yang berdomisili di Jakarta, untuk bepergian ke daerah lain di Indonesia, maupun ke negara-negara tetangga.