Inilah progres terbaru upaya AS mencegah gagal bayar utang

Di antara hal-hal yang dibahas yakni menarik kembali sekitar US$30 miliar uang Covid-19 yang belum dimanfaatkan.

Ketua DPR Kevin McCarthy dari California (kiri) dan Wakil Presiden Kamala Harris mendengarkan saat Presiden Joe Biden berbicara dalam pertemuan dengan para pemimpin Kongres di Oval Office Gedung Putih, Selasa, 16 Mei 2023, di Washington. Foto AP/Evan Vucci

Pembicaraan batas utang Amerika Serikat, bergeser ke fase baru yang menggembirakan pada Selasa (16/5) waktu setempat. Ini terjadi ketika Presiden Joe Biden dan Ketua DPR Kevin McCarthy, menunjuk utusan utama untuk merundingkan kesepakatan mencegah default nasional yang belum pernah terjadi sebelumnya. Biden mempersingkat perjalanan ke luar negeri yang akan datang, dengan harapan dapat mencapai kesepakatan sebelum batas waktu 1 Juni.

Seperangkat negosiator baru berarti akan mempersempit pada apa yang akan diterima Gedung Putih dan McCarthy, untuk memungkinkan anggota parlemen menaikkan batas utang dalam beberapa hari mendatang. Setelah pertemuan dengan Biden dan para pemimpin kongres, kesepakatan "mungkin" terjadi pada akhir minggu, bahkan ketika-dalam pandangan McCarthy-kedua belah pihak tetap berjauhan untuk saat ini.

Biden secara terbuka optimistis setelah pertemuan sekitar satu jam di Oval Office, meskipun harus membatalkan lawatan di sebagian Australia dan Papua Nugini dari perjalanan luar negerinya yang dimulai Rabu. Biden akan berpartisipasi dalam KTT Kelompok Tujuh di Hiroshima, Jepang, tetapi kemudian kembali ke Washington pada Minggu (21/5).

“Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan,” kata Biden. “Tetapi saya menjelaskan kepada pembicara dan yang lainnya bahwa kami akan berbicara secara teratur selama beberapa hari ke depan dan staf akan melanjutkan pertemuan setiap hari untuk memastikan kami tidak gagal,” kata dia lagi.

Pejabat senior Gedung Putih, serta pembantu utama empat pemimpin kongres-McCarthy, R-Calif., Pemimpin Mayoritas Senat Chuck Schumer, D-N.Y., Pemimpin Minoritas Senat Mitch McConnell, R-Ky., dan Pemimpin Minoritas DPR Hakeem Jeffries, D-N.Y. - telah bertemu setiap hari.