Insinyur kapal selam nuklir AS dan istrinya didakwa menjual rahasia militer

Pihak yang mereka hubungi ternyata bukan agen negara asing, melainkan FBI.

Kapal selam AS. foto Dailymail

Seorang insinyur nuklir Angkatan Laut AS dan istrinya telah didakwa menjual informasi rahasia tentang kapal selam nuklir kepada seorang agen FBI yang menyamar sebagai agen untuk negara asing, kata Departemen Kehakiman, Minggu.

Dalam pengaduan pidana yang merinci tuduhan terkait spionase terhadap Jonathan Toebbe, 42, dan istrinya Diana, 45, pemerintah mengatakan dia menjual informasi selama hampir setahun terakhir ke kontak yang dia yakini mewakili kekuatan asing.

Negara itu tidak disebutkan dalam dokumen pengadilan, tetapi terungkap bahwa FBI telah melakukan pertukaran informasi pada Desember 2020, sebulan setelah pemilihan Presiden AS 2020.

Toebbe ditangkap di West Virginia pada hari Sabtu bersama dengan istrinya setelah dia menempatkan kartu memori yang dapat dilepas di 'dead drop' yang telah diatur sebelumnya di negara bagian, menurut Departemen Kehakiman.

Tidak segera jelas apakah Toebbes, yang berasal dari Annapolis, Maryland, memiliki pengacara. Angkatan Laut menolak berkomentar kepada Associated Press.